Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam K13 Terbaru Terviral

Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam K13

Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, ada beragam pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Pada akhir-akhir ini pendekatan dalam pembelajaran yang paling sering disebut adalah pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah. Namun selain pendekatan berbasis keilmuan ( Pendekatan Saintifik ), ada beberapa pendekatan lain yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran, salah satu di antaranya adalah pendekatan berbasis genre (Genre Based Approach). Lebih jauh bisa dibaca DI SINI.


Genre Based Approach itu pas sekali untk pembelajaran bahasa. GBA terdiri dari 2 siklus.
  1. Siklus Lisan (Spoken Cycle) untuk mengembangkan pemahaman pada keterampilan berbicara (speaking) dan menyimak (listening).
  2. Siklus Tulis (Written Cycle) untuk mengembangkan pemahaman pada keterampilan membaca (reading) dan menulis (writing).
Berikut ini penggunaan Genre Based Approach (GBA) dalam Kegiatan Inti Pembelajaran Bahasa Inggris materi asking & giving direction sesuai RPP Satu Halaman terbaru:

Pendahuluan (10 Menit)
Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran, dan cek kebersihan lanjut apersepi materi.

Kegiatan Inti (70 Menit)
Pertemuan 1 (Spoken Cycle/Siklus Lisan)
  • Building Knowledge of the Field
    Siswa mengamati contoh teks interaksi lisan (dialog) asking & giving direction melalui video yang disiapkan. (Critical Thinking)
  • Modelling of the Text
    Siswa menguatkan pemahaman materi, berupa fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks lisan dan mencoba mengamati teks yang ada. (Critical Thinking)
  • Join Construction of the Text
    1) Siswa berkelompok 2 orang merespon pertanyaan berdasarkan teks yang telah diberikan dengan panduan guru. 2) Siswa berkelompok 2 orang membuat teks interaksi lisan dengan panduan guru berdasarkan topik yang disipkan (Collaboration, Communication, Creativity)
  • Independent Construction of the Text
    1) Siswa berkelompok 2 orang membuat teks interaksi lisan secara mandiri dan ditampilkan di depan kelas/direkam. 2) Guru menugaskan kelompok lain untuk menjawab pertanyaan umum yang telah diberikan, kemudian dikumpulkan. (Collaboration, Communication, Creativity)

Pertemuan 2 (Written Cycle/Siklus Tulis)
  • Building Knowledge of the Field
    Siswa mengamati contoh teks interaksi tertulis (dialog) asking & giving direction melalui teks yang disiapkan. (Critical Thinking)
  • Modelling of the Text
    Siswa menguatkan pemahaman materi, berupa fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks tulis dan mencoba menganalisis teks yang ada. (Critical Thinking)
  • Join Construction of the Text
    1) Siswa berkelompok 2 orang merespon pertanyaan berdasarkan teks yang telah diberikan dengan panduan guru. 2) Siswa berkelompok 2 orang membuat teks interaksi tulis dengan panduan guru. (Collaboration, Communication, Creativity)
  • Independent Construction of the Text
    1) Siswa berkelompok 2 orang membuat teks interaksi tulis secara mandiri dan dikumpulkan. 2) Guru menukar teks antar kelompok dan memberikan pertanyaan umum terkait teks tersebut dan harus dijawab kelompok lain. (Collaboration, Communication, Creativity)
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, siswa melakukan refleksi apa yang belum dipahami, guru melakukan umpan balik atas kesulitan siswa. Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang. Guru menutup pertemuan dengan meminta siswa memimpin berdoa.


Nah, demikian Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam K13, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment