Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Menjawab Soal Listening UNBK


zooba.ID - Ujian Nasional semakin dekat, mau tidak mau kita akan menghadapinya. Yang menjadi momok ujian Bahasa Inggris adalah listening atau kemampuan menyimak/mendengarkan. Sejatinya kalau itu dilatih setiap hari sebenarnya gampang. Namun karena belum teribiasa, maka listening menjadi susah. Berikut trik menghadapi soal Listening UNBK.

1. Kenali Pronunciation
Pronunciation adalah cara pengucapan kata-kata dalam bahasa inggris. Jika kita tau bagaimana para native speaker berbicara, kita akan lebih mudah mengambil inti percakapan mereka. Karena para native speaker biasa berbicara dengan cepat dan menggunakan linking word. Misalnya: “What are you doing” tidak dibaca sebagaimana penulisannya namun, mereka mengucapkan dengan versi cepat sehingga terdengar menjadi “wacaduin”

2. Berlatihlah Sesering Mungkin
Satu-satunya cara untuk bisa melewati listening dengan baik adalah dengan sering latihan. Kamu bisa mendownload soal-soal listening dari berbagai sumber di internet. Selain latihan soal listening, sebaiknya kamu membiasakan diri dengan mendengar orang bule bicara melalui film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris atau lagu-lagu berbahasa inggris. Silakan gunakan aplikasi kami untuk bisa berlatih APP Listening UNBK SMK atau Listening Express UNBK

3. Konsentrasi Penuh
Ada baiknya untuk istirahat dan makan yang cukup sebelum tes UNBK. karena untuk mengerjakan listening, kita butuh konsentrasi penuh. Satu soal lengah, biasanya akan mempengaruhi mood kita untuk mengerjakan soal berikutnya.

4. Fokus pada Akhir Percakapan
Berdasarkan banyak pengalaman, akhir percakapan merupakan inti dari dialog tersebut. FYI, umumnya ini hanya berlaku untuk PART 2 yaitu short dialogue. Sedangakn di part berikutnya, kamu harus mendengarkan dari awal hingga akhir. Namun demikian, tidak berarti kita mengabaikan percakapan pertama dan hanya mendengarkan percakapan akhir. Karena sesungguhnya dialog A dan B sangat berhubungan. Hanya saja, fokus kita lebih dalam lagi pada akhir percakapan.
PS: Musibah yang kadang terjadi adalah ketika sangat fokus pada akhir percakapan lalu lupa memperhatikan pertanyaan. So, tetap fokus all time itu sangat penting!

5. Menghindari Bunyi Kata yang Sama
Bisa dibilang, banyak sekai jebakan dalam soal UNBK. Termasuk jebakan di listening. Kalau kamu melihat dengan seksama, biasanya akan ada kata di pilihan jawaban yang bunyinya sama dengan audio. Dan BIASANYA itu adalah jawaban yang SALAH. Misalnya, di audio kita mendengar advise (advaiz) lalu di pilhan jawaban ada advice (advais), bisa jadi itu jebakan. Karena umumnya, UNBK memilih jawaban yang benar berupa pilihan kata lain (sinonim) dari kata di audia. Misalnya, kata lain dari advise bisa: giving suggestion.

6. Membaca Pilihan Jawaban saat Narator Berbicara
Strategi ini tidak bisa diterapkan pada semua orang. Tergantung pada kenyamanan dan kebiasaan. Namun jika kamu mampu melakukan ini, lebih baik! If available, Kamu bisa membaca pilihan jawaban tiap soal sesaat beberapa detik sebelum audio berbunyi, dan begitu juga untuk soal-soal berikutnya. Tolong digarisbawahi, bahwa membaca pilihan jawaban tidak boleh dilakukan saat narator menyampaikan instruksi pengerjaan soal, karena instruksi dan soalnya berada di lembar berbeda. Dan jika kita membalik soal sebelum waktunya, itu berarti kita melakukan PELANGGARAN atau curang.

7. Time Managing
Waktu menjawab sangatlah sempit. Kurang dari 1 menit kita harus sudah mendapatkan jawabannya. So, kamu harus pandai-pandai mengatur waktu. Jangan fokus pada satu soal yang sulit dan lalai dengan soal berikutnya. Move on dengan cepat.

8. Don’t Panic
Jangan panik jika menemui soal yang kamu tidak tau jawabannya. Jangankan jawaban, artinya saja kamu tidak tau. Sekali lagi jangan panik, cari jawaban yang tidak mengandung bunyi yang sama dengan soal audio. Terka saja jawabannya karena dalam skema UNBK, jawaban salah tidak mengurangi penilaian. So kamu harus menjawab semua soal.

9. Memahami Functional Expressions
Masih ingat apa saja functional expressions? Ada agreement, giving opinion, thanking, giving direction, dan lain sebagainya. Ekspresi tersebut sangat sering keluar di listening UNBK. Jika kamu belajar expressions tersebut dengan baik, itu akan sangat membantu.

10. Mengetahui Tema Percakapan
Saat percakapan berlangsung, usahakan kita mengetahui tema besar percakapan. Misalnya, ada dialog pertama: “Hmmm, where should I park my car? It’s really such a rush hour so we don’t get any parking lot” maka kamu bisa mengira-ngira tema besar apa yang dibicarakan? kemungkinannya adalah: looking for parking lot (mencari tempat parkir) atau rush hour (jam sibuk)

11. Ingat Informasi Penting dari Percakapan
Dapatkan informasi pentig, khususnya saat dialog panjang atau bahkan talk di PART C. Info penting yaitu semacam waktu, hari dan tanggal, pekerjaan, durasi, tempat, dan sebagainya.

12. Pada PART 4, fokus pada 5W+H
Part C merupakan bagian yang paling panjang. Biasanya kita diperdengarkan dosen yang sedang menjelaskan perkuliahannya, atau pemandu yang sedang menjelaskan tempat-tempat tertentu, dan semacamnya. Selanjutnya kita disuruh menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan isi ceramah tadi. In this case, kita harus fokus pada keseluruhan dialog dengan memperhatikan info penting dan 5W+H (What, Where, Why, Who, When dan How)

13. Hati-hati dengan Kalimat Double Negative
Kalimat double negative biasanya pasti keluar, minimal satu soal di Part A. Double negative berarti dalam satu kalimat ada dua unsur negatif, contoh; She didn’t do nothing for this problem artinya dia sudah melakukan banyak hal untuk masalah ini. Jika kita tidak mengenali bentuk double negative, kita bisa terjebak dan mengir artinya adalah dia tidak melakukan apa-apa untuk masalah ini.

14. Baca Soal Dulu Sebelum Play
Enaknya soal UNBK adalah kita bisa membaca soal dulu sebelum meutar audio. Jadi, perkirakan apa yang akan didengar ya..

Diadaptasi dari kampunginggris.id dan diolah dari berbagai sumber.

Post a Comment for "Trik Menjawab Soal Listening UNBK"