Mudahnya Membuat Ujian Online dengan Google Form Terbaru Terviral

Mudahnya Membuat Ujian Online dengan Google Form

zooba.ID | Membuat Ujian Online atau Kuis Online dengan Google Form | Easiest Way for Making Online Quiz using Google Form - Era revolusi industri 4.0 telah memaksa agar semuanya mengadopsi teknologi. Tak terkecuali adalah sekolah. Pengajaran guru di sekolah dituntut untuk melibatkan teknologi, sehingga siswa memiliki kecakapan abad 21 ini. Salah satunya adalah implementasi ujian online. Sebenarnya telah lama konsep ujian online ini lahir, bukan barang baru. Berbagai media digunakan untuk mewujudkannya, dari mulai yang berbayar hingga sebangsa LMS atau yang paling mudah (juga gratis) adalah Google Form.

Cara Buat Ujian Online Dengan Google Form Terbaru


Google Forms awalnya dimulai sebagai fitur Google Spreadsheet di tahun 2008, dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Anda bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir Anda di lembar lain. Itu dasar, tapi itu berhasil. Google menambahkan lebih banyak fitur ke Forms dari waktu ke waktu, lalu Google akhirnya mengubahnya menjadi aplikasi mandiri di awal tahun 2016. Membuat Ujian Online atau Kuis Online dengan Google Form | Easiest Way for Making Online Quiz using Google Form

APAKAH GOOGLE FORM BISA BUAT UJIAN ONLINE?

Tentu jawabannya bisa. Anda bisa mendesain formulir untuk mengumpulkan jawaban siswa, alih-alih dengan kertas jawaban. Ujian paperless lah. Ayo, kita coba membuat ujian dengan google form. Pertama, kita buat Google Form, silakan lihat ARTIKEL INI jika anda lupa caranya.

Seperti dilansir dari https://puspamentari.wordpress.com, kita bisa membuat ujian dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.
Membuat Ujian Online Paling Gampang
Nah, ini yang kita perlukan untuk membuat ujian online. Silakan edit pada bagian yang sudah ditandai. Kita bisa mulai mengedit Judul form, kemudian membuat pertanyaan, mengedit tipe pertanyaan. Selanjutnya adalah duplikasi dan memperbanyak pertanyaan. Simpel sekali.
Google Form untuk Ujian Online
Nah, ini adalah contoh dari tipe pertanyaan yang disediakan oleh Google Form. Silakan berkreasi sendiri. Dua bentuk soal yang paling sering digunakan adalah multiple choice dan essay (paragraph) bisa diimplementasikan. Apalagi anda bisa membuat Google Form ini sebagai media upload tugas (dengan Upload File) pasti lebih asyik.

MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA DI GOOGLE FORM

Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Form

Ini adalah contoh membuat soal Pilihan Ganda di Google Form. Kita bisa membuat jawaban teks maupun gambar lhoh. Kita setting lebih lanjut klik roda gigi.

jadikan kuis

Pastikan soal disetting sebagai kuis. Sekarang kita akan beri kunci jawaban. Klik di bagian bawah soal kita, tulisan kunci jawaban.

setting kunci

Kita bisa setting mana yang benar dan berapa skornya. 

skor

Kembali ke pertanyaan dengan klik "Edit Pertanyaan". Lakukan satu persatu sampai selesai. Membuat Ujian Online atau Kuis Online dengan Google Form | Easiest Way for Making Online Quiz using Google Form

MEMBUAT SOAL ESSAY DI GOOGLE FORM

Selain pilihan ganda, kita bisa setting soal sebagai isian atau essay dengan tipe "Jawaban Singkat" atau "Paragraf" ini akan manual kita koreksi.

jwbn singkat 

Setelah semua soal sudah kita buat, maka selanjutnya kita akan mempublikasikan ujian kita. Caranya:

kirim form
Kemudian tentukan cara publikasi: Email, link, atau embed web.
via link

DI MANA KITA BISA MELIHAT HASIL UJIAN SISWA?

Untuk bisa melihat hasil ujian (terutama yang soal pilihan ganda yang disetting sebagai kuis) siswa bisa melihat hasilnya setelah submit jawaban dan melihat tombol "Lihat Skor". Namun, jika ada soal yang penilaiannya manal, siswa hanya bisa mengandalkan koreksi dari guru.

 lihat skor

Kita sebagai guru bisa melihatnya dari Google Spreadsheet untuk keseluruhan peserta ujian.

spreadsheet 
tmpln excel 

Demikian Membuat Ujian Online atau Kuis Online dengan Google Form | Easiest Way for Making Online Quiz using Google Form semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Sumber gambar: https://puspamentari.wordpress.com/2019/02/19/membuat-soal-pilihan-ganda-dengan-google-form/

No comments:

Post a comment