CARA PALING MUDAH Membuat Google Form Terbaru Terviral

CARA PALING MUDAH Membuat Google Form

zooba.ID | Cara Paling Mudah Membuat Google Form | Easiest Way Creating Google Form - Sebenarnya saya telah mengenal Google Form sejak dahulu, kira-kira 2011. Tahun itu saya mulai membangun blog dan memanfaatkan formulir untuk mengumpulkan feedback dari viewer blog saya. Namun, karena tidak terlalu berhasil, maka saya meninggalkannya. Belakangan saya ngeh kembali dengan Google Form ini. Dia banyak digunakan guru-guru untuk membuat ujian online. Atau secara luas dipergunakan sebagai formulir pendaftaran kegiatan atau pendataan. Akhirnya, jodoh mempertemukan kita ya, Google Form.

Cara Paling Mudah Membuat Google Form dan Memanfaatkannya untuk Guru

Google Forms awalnya dimulai sebagai fitur Google Spreadsheet di tahun 2008, dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Anda bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir Anda di lembar lain. Itu dasar, tapi itu berhasil. Google menambahkan lebih banyak fitur ke Forms dari waktu ke waktu, lalu Google akhirnya mengubahnya menjadi aplikasi mandiri di awal tahun 2016. Sekarang Anda dapat membuat dan mengelola formulir di docs.google.com/forms, dengan template dan akses cepat ke semua formulir Anda di satu tempat. Google Forms saat ini merupakan alat formulir berfitur lengkap yang tersedia gratis yang bisa Anda buat melalui akun Google Anda. Cara Paling Mudah Membuat Google Form | Easiest Way Creating Google Form

CARA GAMPANG MEMBUAT GOOGLE FORM

Bagaimana Cara Membuat Google Forms Terbaru
Gambar: Sepulsa.com

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat Google Forms:
  1. Dari forms.google.com, klik Blank atau pilih template.
  2. Dari drive.google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan klik Blank form or From a template.
  3. Namai formulir Anda: Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru.
  4. (Opsional) Tambahkan deskripsi: Di bawah nama form, tambahkan teks Anda.
  5. (Opsional) Ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema.
Forms Editor sangat mudah untuk dipelajari. Formulir Anda akan memenuhi bagian tengah layar, dengan ruang untuk judul dan deskripsi diikuti oleh kolom formulir. Klik bidang formulir untuk mengeditnya dan tambahkan sebuah pertanyaan.

Bagaimana Cara Membuat Google Forms

Gunakan kotak dropdown di sebelah lapangan untuk memilih jenis bidang, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya. Cara Paling Mudah Membuat Google Form | Easiest Way Creating Google Form

Google Forms menawarkan beberapa opsi pengaturan. Toolbar yang berada di sebelah kanan memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak bidang formulir. Di menu kanan atas Anda dapat mengubah skema warna form, melihat pratinjau formulir, gunakan tombol Send untuk berbagi formulir, dan akses opsi tambahan lainnya, termasuk menginstal add-on untuk Forms. Beralih dari tab Pertanyaan ke tab Responses di editor formulir Anda untuk melihat tanggapan saat ini terhadap formulir Anda dan tautkan ke spreadsheet. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan pertanyaan Anda dan mengirimkan formulirnya, jadi mari kita lihat opsi formulir dan apa yang dapat Anda lakukan dengan masing-masing.

GOOGLE FORM UNTUK SARANA UJIAN BAGI GURU/PENDIDIK

Banyak rekan guru yang menggunakan Google Form untuk mengumpulkan jawaban dari peserta didik, alih-alih menggunakan kertas. Paperless test sekarang kian menjadi primadona. Nah sekarang kita akan berlatih untuk membuat pertanyaan di Google Form.

Bagaimana Cara Membuat Google Forms
  1. Klik Untitled question dan masukkan pertanyaan Anda. Anda mendapatkan saran berdasarkan jenis pertanyaan Anda.
  2. (Opsional) Untuk mengubah jenis pertanyaan, klik panah ke bawah.
  3. Tambahkan opsi respons (jika berlaku untuk jenis pertanyaan Anda).
  4. (Opsional) Kemudian untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.
Untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan, pilih satu opsi:
Bagaimana Cara Membuat Google Forms
  1. Selanjutnya untuk menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.
  2. Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.
Catatan: Perubahan akan disimpan secara otomatis. Untuk melihat pratinjau perubahan Anda kapan saja, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’. Google Forms mencakup 12 jenis fitur: 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto, dan video. Cukup klik ikon + di side bar kanan untuk menambahkan pertanyaan baru, atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir Anda. Bahkan Google Form bisa ditambahkan fitur upload dokumen, barangkali anda membutuhkannya untuk mengumpulkan tugas.

MEMPUBLIKASIKAN GOOGLE FORM

Sekarang, jika Google Form Kita sudah siap, selanjutnya memastikan siswa kita/orang lan bisa mengakses form kita.

Bagaimana Cara Membuat Google Forms


Cara Mengirim Forms atau Mempublikasikan Google Form adalah sebagai berikut
  1. Dikanan atas, klik Kirim (kadang bentuknya tombol segitiga mirip pesawat).
  2. Akan muncul kotak dialog seperti di atas. Pilih cara anda untuk mempublikasikan formulir melalui pilihan di "Send Via".
  3. EMAIL untuk mengirimkan form kepada kenalan kita via email.
  4. LINK untuk mengirimkan tautan Google Form kita ke orang lain, melalui media apapun. Biasanya ini yang paling banyak digunakan.
  5. EMBED IFRAME bagi anda yang memiliki wesite, bisa meletakkan Google Form di website anda.
Silakan bisa dipilih caranya. Pastinya Google Form akan memiliki tampilan yang serupa meskipun bisa kita kustom. Di postingan selanjutnya saya akan bahas bagaimana caranya agar menghubungkan Google Form dengan formulir yang kita bikin sendiri. Ini saya gunakan untuk membuat test online di website saya yang lain, lihat DI SINI.

Demikian Cara Paling Mudah Membuat Google Form | Easiest Way Creating Google Form semoga bisa membantu.

No comments:

Post a comment