Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal

Pembayaran Payout Adsense lewat Bank BNI

Motede pembayaran/Payout Adsense yang bermata uang IDR (Rupiah) ternyata hanya bisa dilakukan melalui transfer bank. Maka, saya buat postingan Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal. Siang ini (22/5) saya baru saja mendapatkan SMS notifikasi dari BNI bahwa ada sejumlah dana yang masuk ke rekening BNI saya dari Google Asia.


Kapan metode Pembayaran Adsense IDR bisa dilakukan ?



Umumnya metode pembayaran baru bisa ditambahkan jika penghasilan anda sudah mencapai minimal setara 10 Dollar, namun menurut saya, seting saja metode pembayaran ketika anda sudah melakukan verifikasi PIN, pastikan anda menyeting metode pembayaran sebelum tanggal 15, agar penghasilan anda bulan lalu yang sudah mencapai ambang batas pembayaran bisa anda terima di bulan tersebut.


Cara Seting Pembayaran Adsense ke Bank Lokal

Untuk mencairkan pendapatan adsense melalui bank local, syaratnya si publisher  harus memiliki rekening bank, local,  kemudian si publisher harus melakukan pengaturan metode pembayaran di akun adsense miliknya, dengan ketentuan akun adsense sudah verifikasi PIN dan jumlah pendapatan dari google adsense sudah mencapai ambang batas pembayaran (minimal sekitar Rp. 1.300.000, atau sekitar minimal 100$).

Bank Apa saja yang bisa digunakan ?

Hampir semua Bank yang terdapat di indonesia seperti BNI, BRI, CIMB Niaga, BCA, Muamalat, Syariah, bukopin, Danamaon, BJB dan bank-bank lainnya dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari google adsense, anda tinggal memilih nama bank yang sudah disajikan oleh akun google adsense anda ketika menambahkan metode pembayaran.

Apakah Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal kena Potongan?

Jangan khawatir, pembayaran Adsense ke rekening bank kita tidak terkena potongan. Persis sama seperti saldo yang ada dalam rekening adsense.

Langkah-langkah seting pembayaran Google adsense IDR ke Bank Lokal.

Sedangkan langkah-langkah untuk  seting penerimaan adsense adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Akun adsense anda (adsense.google.co)

2. Pada halman akun adsense anda pilih menu garis tiga di sebelah kiri, kemudian pilih menu settings/ pengaturan gambar roda gigi, kemudian pilih Submenu Payments / Pembayaran.


3. Kemudian klik pada tilisan TAMBAHKAN METODE PEMBAYARAN, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

seting pembayaran akun adsense IDR ke bank lokal

Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:
  • Nama pada rekening bank,
  • Nama bank (dipilih), hampir semua nama bank lokal yang terdapat di indonesia sudah terdaftar semuanya, silahkan pilih nama bank yang akan anda gunakan.
  • Nomor rekening, silahkan masukan nomor rekening, pastikan benar.

4. Klik tombol simpan untuk menyimpan pengaturan anda.
Sampai tahap di atas, google adsense akan melakukan setoran percobaan dengan mengirimkan uang ke rekening anda sejumlah kurang dari 1.000 Rupiah, jumlah uang yang sampai digunkaan untuk verifikasi rekening di akun adsense anda.

Umumnya pengiriman akan sampai sekitar 2 sampai 5 hari kerja, ditunggu saja dan selalu cek transaksi di rekening anda melalui Mobile Banking agar cepat, apakah Ada pengiriman dari google dengan jumlah dibawah 1.000 rupiah.

Untuk kasus saya kebetulan menggunakan rekening bank Muamalat, ternyata kurang dari 24 jam pengiriman uang untuk verifikasi sudah sampai ke rekening, lumayan cepat mungkin juga karena faktor lalu lintas transaksi bank muamalat yang tidak terlalu padat.


5. Setelah anda menambahkan metode pembayaran di atas, maka pada akun adsense anda Akan muncul langsiran merah baru dengan pesan, 
Pembayaran anda saat ini sedang ditangguhkan diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran               ACTION

Silahkan klik pada tombol action
Maka akan muncul 2 notifikasi sebagai berikut:
...Untuk menerima pembayaran pilih metode pembayaran yang valid        PERBAHARUIAnda belum melakukan proses verifikasi untuk rekening bank.....            VERIFIKASI SEKARANG

6. Silahkan tekan tombol PERBAHARU, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal

Lalu plih Opsi Utama, pada tulisan tidak satu pun. seperti terlihat pada gambar di atas yang ditunjuk arah panah.

7. Kemudian selanjutnya tekan juga tombol Verifikasi Sekarang, untuk memverifikasi setoran percobaan google bahwa pengiriman uang dari google di bawah rp 1.000 untuk verifikasi sudah sampai.

Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal

Silahkan cek rekening anda, pastikan jumlah di bawah Rp.1.000 dari google sudah sampai ke rekening anda.

Jika anda sudah menerima pengiriman uang setoran percobaan google, silahkan masukan jumlah yang dikirim google di pengaturan di atas dengan cara memilihnya, kemudian tekan tombol Verifikasi.

Ingat jangan salah memilih jumlah, pastikan anda memilih nilai sesuaikan dengan jumlah setoran percobaan yang dikirimkan google ke rekening anda.

Verifikasi memiliki kesempatan 3 kali, jika ketiganya gagal, maka anda terpakasa harus menggunakan rekening bank baru.

Sampai tahap di atas anda sudah berhasil menambahkan metode pembayaran pada akun adsense IDR anda, dan selanjutnya anda tinggal menunggu pengiriman penghasilan dari google adsense yang akan masuk ke rekening anda secara otomatis.

Kapan Pembayaran google adsense akan diterima dan masuk ke rekening Bank ?
Untuk menerima pembayaran dari google adsense, ada beberapa syarat diantaranya adalah, sebagai berikut:
  • Anda sudah memverifikasi alamat di akun google adsense anda, menggunakan PIN google adsense yang dikirmkan oleh google ke alamat anda. PIN biasanya akan dikirim secara otomatis ke alamat rumah anda jika penghasilan akun adsense anda sudah mencapai minimal setara dengan 10$. (Pin verifikasi alamat, hanya dimasukan 1 kali saja seumur hidup).
  • Penghasilan google adsense anda sudah mencapai ambang batas pembayaran (minimal saldo akun adsense anda sudah mencapai secara 100$, atau sekitar 1.350.000 rupiah (ingat kurs dollar ya). Perlu diingat bahwa jika anda baru mencapai ambang batas pembayaran bulan ini, maka anda baru akan menerima pembayaran adsense di bulan depan.
  • Anda sudah menambahkan metode pembayaran seperti yang diuraikan diatas dan sudah melakukan verifikasi setoran percobaan yang dikirimkan google ke rekning bank anda.
Jika 3 syarat di atas sudah terpenuhi, maka pembayaran google adsense pun akan dikirimkan ke rekening bank anda secara otomatis.

Tanggal berapa pembayaran adsense dapat diterima ?
Pembayaran adsense jika lancar umumnya akan masuk ke rekening bank yang kita gunaka setiap tanggal 21 sampai dengan tanggal 25 setiap bulan. Dalam kasus saya, saya menerima pembayaran tanggal 22 Mei 2018. Ini adalah penghasilan Adsense (dan Admob) pertama saya.. hehe. Demikian Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal. Nantikan artikel dari www.zooba.id selanjutnya ya...

3 comments for "Payout Pembayaran Adsense Lewat BNI atau Bank Lokal"

  1. Gan apakah uang 400 ribu ke atas bisa di ambil? Tpi bukan 1,3 jt.

    ReplyDelete
  2. Sayangnya Adsenses saya bukan Adsense IDR. Untuk yang Adsenses dollar menurut info ada potongan cukup besar.

    ReplyDelete
  3. @Aldi gak bisa gan...
    @Nana aduh... gapapa gan, yang penting bisa PO. sayang WU sudah gak didukung ya...

    ReplyDelete