Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH MANUAL AND TIPS - SPOKEN PROCEDURE TEXT - B. INGGRIS SMK KELAS XI

 

Contoh manual and tips SMK

CONTOH MANUAL AND TIPS - SPOKEN PROCEDURE TEXT - B. INGGRIS SMK KELAS XI


Hello students... how are you today?

Silakan ikuti langkah-langkah materi online kali ini:

1. Tonton Video 12 menit (Opsional)

2. Baca Materi 20 menit (Harus)


A. Watch this Video (12 Minutes)

Jika kamu tidak sedang memiliki kuota cukup, maka bagian ini bisa dilewatkan. Namun, pastikan kamu paham hanya dengan membaca materi di bawah. Video berisi penjelasan materi tertulis di bawah ini dengan jelas. Sebaiknya memang ditonton biar paham. Silakan tonton video berikut ini:


B. Read this Material (20 Minutes)

Ok students, di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang prosedur teks. Yaitu teks yang berisi tentang cara-cara yang dilakukan secara berurutan. Kali ini kita akan belajar contoh prosedur teks berupa teks lisan (suara). Berarti, kemampuan yang diperlukan kan adalah listening untuk menangkap makna yang yang terkandung dalam prosedur teks ini. 

Contoh manual dan tips (prosedur teks) dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

1. CONTOH MANUAL LISAN BAHASA INGGRIS

Download File: DOWNLOAD MP3

Play audio:

Transkrip audio contoh manual Bahasa Inggris: "Students must know how to send assignment file using whatsapp to their teacher. First, chat your teacher. Make sure to use polite sentences. Second, tap paper clip icon at the bottom-right screen. Third, tap document icon. It will open document browser. Fourth, select your assignment file. It will be uploaded into your teacher".


2. CONTOH TIPS LISAN BAHASA INGGRIS

Download File: DOWNLOAD MP3

Play audio:

Transkrip audio contoh Tips Bahasa Inggris: "Students must know how to use Google Translate to learn English in Android. One, you can translate some written words from your language into English. Two, you can translate some spoken words into English by tapping microphone icon and speak to it. Three, you can learn how some English words pronounce by tapping speaker icon."

Dari ke-2 contoh tersebut, cara menjawab soal berbentuk listening adalah mencermati soal terlebih dahulu. Setelah paham apa yang diinginkan soal (dengan mengantongi kata kunci tiap soal), selanjutnya nya memutar file audio untuk mendapatkan gambaran letak kata kunci soal di dalam audio listening. 

Dalam ujian, soal berbentuk listening minimal diputar dua kali, sehingga untuk pemutaran kedua dan seterusnya kita tinggal mencari jawaban yang yang diinginkan soal berdasarkan kata kunci yang ada.

Contoh Procedure Text Inggris SMK

Contoh pada bentuk manual berikut, soal nomor 1 memiliki kata kunci "aim", artinya tujuan. Maka letaknya kemungkinan di awal (jika disebutkan gamblang). Jika tidak maka kita menyimpulkan langkah-langkah prosedur tentang apa itu.

Soal nomor 2 kata kuncinya adalah "before" dan "tapping document icon". Berarti mencari jawabannya pada langkah sebelum "tapping document icon".

Soal nomor 3 Kata kuncinya adalah "last step", maka cukup perhatikan pada langkah terakhir.

Contoh Procedure Text Bahasa Inggris SMK Penggunaan Teknologi

Contoh menjawab soal pada bagian Tips, soal nomor satu memiliki kata kunci "text about". Berarti meminta gambaran umum isi teks. Procedure text gambaran umumnya adalah goal atau tujuan. Maka didapatkan di awal teks (jika disebutkan gamblang), jika tidak berarti kita simpulkan dari langkah-langkah yang ada.

Soal nomor 2 memiliki kata kunci "translate spoken words", maka kita mencari langkah yang menerangkan bagaimana "how" melakukannya.

Soal nomor 3 memiliki kata kunci "function of speaker icon", maka kita konsentrasi di langkah yang ada speaker iconnya. Untuk apa itu.


Nah, itu saja pertemuan kali ini. Jadi berlatih keterampilan listening itu harus sedikit-sedikit mencoba. Jangan mencoba sedikit-sedikit.

Thank you... see you next time. 


TAG:

contoh manual tips bahasa inggris
contoh manual tips dalam bahasa inggris
contoh manual dan tips
contoh soal manual and tips
contoh manual and tips
contoh manual dan tips dalam bahasa inggris
contoh tips dan manual
contoh teks prosedur berbentuk manual dan tips
contoh manual and tips bahasa inggris
contoh teks manual cara menghidupkan komputer
contoh teks manual and tips
contoh manual guide
manual and tips menggunakan teknologi
manual and tips lisan
manual and tips menggunakan alat
manual and tips smk
manual and tips smk kelas xi
manual and tips kehidupan sehari hari menggunaka alat teknologi sesuai perkembangan zaman

Post a Comment for "CONTOH MANUAL AND TIPS - SPOKEN PROCEDURE TEXT - B. INGGRIS SMK KELAS XI"