Tampilan Baru! WhatsApp Dark Mode Terbaru Terviral

Tampilan Baru! WhatsApp Dark Mode



Saat ini, fitur dark mode untuk Android menjadi tren. Banyak aplikasi dan media sosial yang menerapkan pembaruan tampilan yang bernuansa gelap. Ada beberapa kelebihan jika kita menggunakan dark mode, diantaranya:



·         Baterai lebih tahan lama
Yup betul! Saat menggunakan aplikasi dengan tampilan gelap, ponsel yang menggunakan layar OLED/AMOLED bisa menggunakan daya yang lebih sedikit. OLED merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode.

Di dalam dioda organik tersebut terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Artinya, dengan warna hitam, bagian piksel tersebut dapat “dimatikan” sehingga penggunaan baterai dapat dihemat.

Ini berbeda dengan ponsel yang menggunakan panel LCD. Panel LCD memerlukan lampu-lampu untuk menyinari piksel-piksel tersebut, dan lampu-lampu itu berada di bagian belakang panel layar.

Meskipun di layar ditampilkan warna-warna yang lebih gelap, lampu di bagian belakang layar tetap menyala. Sehingga tidak ada pengaruh terhadap konsumsi baterai saat menggunakan mode gelap.

·         Tampilan lebih nyaman di mata
Saat malam hari, ada kalanya di lingkungan sekitar tidak cukup cahaya. Aplikasi dengan latar belakang putih akan memancarkan cahaya yang sangat banyak. Tentu itu akan mengganggu mata kamu.

Dengan mode gelap, tampilan teks atau visual yang berwarna terlihat lebih menonjol. Kamu juga bisa mengurangi intensitas sinar biru yang dihasilkan oleh layar, sehingga mata tidak cepat lelah.



Saat ini, fitur dark mode baru tersedia untuk pengguna yang bergabung dalam program WhatsApp Beta. Namun, saat dicek ke Play Store, program WhatsApp Beta telah penuh. sehingga kita tidak bisa mengunduh pembaruan ini dari Play Store. Ada cara lain lho untuk mencicipi pembaruan ini, yuk disimak!

·         Unduh WhatsApp Beta
Kamu dapat mengunduhnya melalui situs pihak ketiga, seperti APK Mirror. Setelah itu install aplikasinya ke ponsel kamu. Berdasarkan pengalaman admin, saat menginstall WhatsApp Beta ini, chat yang ada masih utuh.
Namun jika ingin lebih aman, kamu bisa mencadangkannya terlebih dahulu.
Untuk link unduhannya bisa klik link ini.

·         Aktifkan mode gelap
Caranya yaitu dengan pergi ke Pengaturan > Chats > Tema > Gelap.
Tema yang ada memang kurang begitu hitam dan cenderung keabu-abuan. Kamu bisa mengubah wallpaper chat menjadi lebih hitam melalui Pengaturan > Chats > Wallpaper > Solid Color.

Dalam aplikasi WhatsApp Beta, karena masih dalam pengembangan, mungkin saja ada hal yang kurang sempurna. Saran dari admin sih, cadangkan chat kamu secara berkala, untuk menghindari hal-hal yang tak terduga di kemudian hari. Selamat bersenang-senang!

No comments:

Post a comment