Pencarian Menggunakan Gambar di Google | Cara Mencari Gambar yang Sama dengan Gambar yang Kita Miliki Terbaru Terviral

Pencarian Menggunakan Gambar di Google | Cara Mencari Gambar yang Sama dengan Gambar yang Kita Miliki

Mencari sebuah informasi kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kalau informasi itu berupa teks, gampang sekali dicari. Namun bagaimana jika informasi itu adalah gambar/foto? Tentu deskripsi gambar antara satu dan lain orang berbeda. Sehingga kalau kita cari misalnya gambar orang belanja di pasar maka akan banyak sekali hasil yang tampil. Ribet.

Mencari gambar ya dengan melihat visual gambar itu. Seperti kita mencari gambar kita di buku tahunan sekolah. Ya kita bisa menemukannya dengan melihat mana yang mirip wajah kita. Maka gambar bisa kita cari dari kemiripan visualnya. Sekarang, mesin-mesin pencari internet sudah sangat canggih dan bisa melakukannya.

Tapi, bagaimana cara melakukannya di internet?
Mencari sebuah gambar di internet kian mudah. Google sudah bisa melakukannya bahkan jauh sebelum kita menyadari fitur ini ada. Pencarian dengan menggunakan gambar telah membantu banyak orang. Contohnya orang yang ingin membeli barang, tidak tahu nama barang itu. Cari saja pakai fotonya.

Bagi saya yang seorang guru Bahasa Inggris, pencarian gambar sangat berguna. Ketika ingin mencari gambar yang ada dalam soal listening yang saya miliki dari buku, saya sering melakukannya. Namun, dengan syarat gambar-gambar itu pernah diunggah di internet.

Bagaimana mengenali gambar yang pernah dunggah di internet? Kalau gambar itu berisi objek orang luar atau terkenal, ya hampir dapat dipastikan itu gambar dari internet. Namun, kalau gambar itu adalah gambar khas jepretan kamera pribadi. Cara ini tidak akan berhasil.

Cara mencari foto dengan foto di internet:
Kita siapkan dulu foto yang akan kita cari. Seperti contoh yang kita miliki adalah gambar 7-1.jpg yang saya dapatkan dari scanning soal bahasa inggris. Saya akan mencarinya di internet.

Langkah selanjutnya adalah kita pastikan gambar itu memiliki kontras yang jelas, agar algoritma Google bisa mengenali gambar itu. Saya memanfaatkan program Adobe Photoshop.

Langkah selanjutnya adalah membuka google image dengan alamat http://images.google.com/ sehingga muncul halaman pencarian. Klik icon kamera (telusur gambar).

Muncul pilihan gambar yang ingin ditelusuri apakah dari URL atau dari komputer kita. Karena gambar saya ada di komputer, saya pilih Upload gambar.

Setelah terupload, maka kan muncul hasilnya. Pilih gambar yang paling sama atau mendekati gambar anda. Klik salah satu.

Nah, saya sudah menemukan yang saya cari. Simpan gambar itu dengan klik kanan dan save as image. Selamat.

Ingat, gambar juga memiliki hak cipta. Gunakan dengan bijak ya.

No comments:

Post a comment