Cara Perbaiki Powerbank Cepat Habis Terbaru Terviral

Cara Perbaiki Powerbank Cepat Habis


Bagaimana jika daya baterai ponselmu habis? Tentu akan sangat mengecewakan bukan? Jika kita berada jauh dari sumber listrik, maka keberadaan Power Bank sangat penting. Fungsi power bank adalah sebagai penyimpan daya atau dapat dianalogikan sebagai baterai cadangan, namun untuk penggunannya kita tidak perlu mencopot batrei handphone, kita cukup menancapkan kabel seperti saat kita men-charger menggunakan charger biasa.

Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari ribuan mAh sampai puluhan ribu mAh. Power bank memang khusus dibuat untuk orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan.

Dalam memilih powerbank, kita akan mengandalkan seberapa besar mAh nya, iya khan? Namun kadang.. meski kita sudah membeli yang mAh nya besar, tetap saja powerbank kita cepat habis.  

Faktor yang menyebabkan kenapa powerbank cepat habis

Faktor yang menyebabkan kenapa powerbank cepat habis adalah seperti dikutip dari Phone Arena, tegangan di ponsel itu kebanyakan hanya berada di titik 3,7 volts atau masih jauh dari pengisian tegangan konstan power bank (5.0 volts). Akibat perbedaan ini, ada daya yang terbuang mencapai sepuluh persen. Tidak hanya itu saja, suhu, arus listrik dan kualitas dari power bank itu sendiri memberikan kontribusi terhadap daya baterai yang terbuang percuma, dengan potensi kehilangan mencapai 20 persen. Jadi, jangan heran jika powerbank dengan mAh besar tetapi murah itu cepat sekali habis. Pepatah jawanya ana rega ana rupa, ada harga ada rupa.

Apakah power bank murah itu murahan?


Pertanyaan apakah powerbank murah itu murahan sejatinya bisa secara gamblang dijawab. Rincinya begini, yang membedakan antara powerbank mahal dan murah itu adalah kualitas cell baterai. Jika kita menggunakan powerbank yang harganya murah, biasanya berisi cell baterai yang tidak original, atau dengan kapasitas tidak real. Artinya boleh saja sebuah powerbank mengklaim berisi 10.000 mAh tetapi ternyata kapasitas baterainya hanya 5.000 mAh. Jadi kadang kita merasa kaget kok powerbank 10.000 mAh cepet habis. getooo...

Cara Perbaiki Powerbank Cepat Habis/Ngedrop

Cara kerja powerbank itu adalah memasukkan daya dari charger ke baterai (cas) 5 volt ke volt baterai (3-4 volt) sehingga baterai bisa menyimpan daya. Kemudian dari daya baterai akan dinaikkan (step up) dari 3-4 volt menjadi 5 volt sehingga bisa menghidupkan alat dengan tegangan segitu.

Cepat habisnya atau ngedropnya power bank kerena cell baterai tidak bisa menyimpan dayanya. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti baterai. Baterai yang digunakan adalah baterai yang rechargable (bisa dicharge).

Sebenarnya kita sudah mengenal bentuk baterai dari yang berbentuk tabung (seperti baterai jam) atau yang pipih seperti baterai HP jadul atau spmartphone itu. Nah, dari situlah bentuk powerbank ada yang pipih tipis ada yang tebal.

Sekarang kita akan perbaiki power bank yang cepat habis atau ngedrop dengan mengganti baterainya.

Langkah pertama: Buka chasing powerbank. Kalau dicongkel-congkel bisa, tetapi bisa merusak chasing. Caranya adalah dioleskan minyak kayu putih untuk membuat lem di sambungan tidak merekat lagi sehingga bisa dibuka dengan mudah.

Langkah kedua: Kita akan melihat baterai. Misalnya baterai kamu bentuknya seperti ini:



Hasil gambar untuk baterai powerbank
Seperti baterai jam tapi lebih besar. Itu namanya model baterai 18650. Copot kita akan ganti yang baru. Jika dalamnya adalah baterai pipih, maka biasanya di badannya ada nomor model. Tau kalau tidak, silakan ukur saja lebar panjangnya.

Hasil gambar untuk baterai pipih lithium ion
Jadi ada banyak model baterai, yang penting jenisnya adalah Lithium Ion.

Langkah ketiga: Kamu bisa order di toko online banyak yang menjual baterai. Pilihlah yang kapasitasnya authentic (asli). Biasanya harganya lebih mahal. Kalau tidak, banyak yang menjual baterai copotan dari laptop, biasanya lebih bisa diandalkan daripada yang baru (tapi palsu).

Langkah keempat: Setelah baterai diganti, uji coba dicharge apakah masuk dan gunakan untuk mencharge HP anda. Setelah pasti sudah OK, tutup semua chasing dan power bank anda siap digunakan lagi. Tidak boros lagi. Hehe..

Demikian Cara Perbaiki Powerbank Cepat Habis atau Ngedrop, silakan bisa dipraktekkan di rumah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Cara Perbaiki Powerbank Cepat Habis
Cara Perbaiki Powerbank Ngedrop
Cara Perbaiki Powerbank Boros
Cara Perbaiki Powerbank Rusak

No comments:

Post a comment