Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android Terbaru Terviral

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android

Belakangan ini muncul inovasi untuk menghadirkan mode gelap di Android dan iOS. Satu persatu aplikasi pun mulai mengadopsi tema gelap. Dengan mode gelap, mata manusia akan lebih aman terutama di malam hari, karena layar ponsel memancarkan sinar biru yang bisa mengganggu pola tidur manusia. Kamu pun bisa lebih nyaman jika pada saat gelap gulita terpaksa harus memandang layar ponsel.
Untuk ponsel dengan panel layar AMOLED, setiap pixel-nya dapat memproduksi cahaya sendiri dan tidak memerlukan backlight. Artinya pixel warna hitam sama dengan 'mematikan pencahayaan' di bagian pixel tersebut, dan dengan mode gelap pasti konsumsi baterainya bisa dihemat karena lebih sedikit memakan daya listrik.
Di Android, tema gelap mulai hadir di versi 10, dan versi sebelum itu tidak mendapat pembaruan untuk tema gelap. Artinya kita harus memikirkan cara lain untuk 'memaksa' aplikasi berjalan dalam mode gelap. Salah satu aplikasi unggulan yang bisa mengaktifkan mode gelap di Android versi lawas yaitu Dark Mode.
Kamu bisa mendownloadnya dengan mengklik link ini, lalu install seperti biasanya. Ukuran aplikasinya tergolong kecil. Untuk menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal memilih tema apa yang ingin diterapkan di ponsel kamu. Secara default, yang terpilih adalah Day Mode. Ketika kamu memilih Night Mode, lihatlah apa yang terjadi!

Ya! Aplikasi yang tadinya belum mendukung mode gelap untuk versi Android lawas sekarang sudah bisa berjalan di mode gelap. Bagi admin, yang paling terasa perubahannya adalah aplikasi Instagram, karena termasuk salah satu aplikasi yang sering admin gunakan. Aplikasi ini tidak menguras banyak RAM ponsel kamu, dan setelah mengaktifkan Night Mode, kamu dapat menghapus aplikasi ini tanpa menghilangkan efek Night Mode-nya.

Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua aplikasi dapat berjalan di mode gelap, dan aplikasi ini belum tentu cocok untuk semua ponsel. Untuk Android versi 10, untuk mengaktifkan mode malam bisa melalu Setting > Display > Dark Mode.

Sekian penjelasan dari admin, selamat bersenang-senang!

No comments:

Post a comment