Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Menjawab Soal Reading UNBK

Trik Menghadapi Soal Reading Bahasa Inggris UNBK

zooba.ID | Trik Menghadapi Soal Reading Bahasa Inggris - Berapa bulan lagi kamu ujian? Atau malahan berapa hari? Tahukah kamu, jika soal UNBK Bahasa Inggris terdiri dari bagian listening dan reading? Saat mengerjakan UNBK Bahasa Inggris, terutama bagian reading, kita akan dihadapkan pada teks. Teks yang panjang pasti akan menyiutkan nyali karena kemampuan kosa kata kita. Disamping itu juga, kemauan membaca juga rendah. Alhasil, cuman klik sembarangan.
Sebenarnya hal itu bisa kita hindari dengan mengenal Trik Menghadapi Soal Reading UNBK. Silakan perhatikan cara-cara berikut ini:
1. Don’t Panic
Kunci dari mengerjakan soal ujian adalah jangan panik. Tentu bikan pula santuy sehingga soalnya diabaikan begitu saja, haha. Jangan panik jika: 1) teks yang diberikan bukan dari latar belakang pendidikanmu. Misalnya kamu anak teknik lalu tiba-tiba mendapat soal dari jurusan elektronika. No worries, sekali lagi tujuan soal reading ini bukan untuk menguji wawasan kamu tapi untuk menguji seberapa kamu memahami teks! Karena semua jawaban sebetulnya ada dalam teks. Kalau kamu cakap dalam membaca teks bahasa inggris, maka pasti dengan mudah kamu temukan jawabannya. 2) Jangan panik jika waktu yang tersisa tingga sedikit. Karena dalam skema tes UNBK, jawaban yang salah TIDAK MENGURANGI NILAI. So pastikan semua nomor terisi entah itu benar atau salah. Jika kamu mau menebak, jangan menebak terlau asal ya (misal dengan teknik hitung kancing, atau teknik perdukunan lainnya). Tetap tenang bahkan di 2 menit terakhir. Seberapapun itu, kamu masih ada waktu untuk berpikir, coba terka dengan berdasarkan scanning singkat, atau kamu bisa pakai teknik eliminasi. Hilangkan jawaban yang tidak masuk akal dan pasti salah, lalu pilih jawaban pertama dari sisa jawaban yang mungkin benar. 3) Jangan panik kalau ternyata skor kamu masih jauh dari yang diharapkan. Selama masih ada waktu dan kemauan, silakan coba lagi sampai sukses.
2. QUESTION, Baca dulu Pertanyaannya
Saat kamu membaca dulu teks reading, kamu hanya akan membaca teks secara utuh seperti biasa, tanpa tau “APA SIH YANG SEBETULNYA HARUS DICARI DALAM TEKS?”. Dan tentunya that’s somewhat wasting time. Tapi kalau caranya dibalik, dengan membaca dulu pertanyannya maka kamu akan tau apa yang perlu didapatkan di dalam teks. Kamu akan langsung meluncur ke paragraf yang dicari. So, pastikan kamu baca dulu pertanyaannya.
3. KEYWORD, Ingat Kata Kuncinya
Setelah membaca pertanyaan, kamu akan tau kata kunci atau keyword dalam teks. Sehingga kamu tidak perlu bersusah payah membaca keseluruhan teks. Contohnya, misal kamu menemui soal berikut di bawa teks:

Where does the story take place?
A. London
B. Jakarta
C. Puerto Rico
D. Buenos Aires
E. Indonesia

Kalau kamu baca dulu pertanyaannya, kamu akan tau kata kunci dari yang kamu cari yaitu: place / location (tempat), country name (nama negara). Sehingga, kamu tinggal baca sekilas dan mencari paragraf-paragraf yang sekiranya mengandung kata kunci tersebut.
4. SCANNING, Baca Teksnya
Kamu pernah lihat mesin scanner? Yap, dia bekerja dengan cepat, hanya membaca sekilas namun mendapatkan hasil pembacaan maksimal. Begitu juga dengan teknik scanning dalam soal reading. Karena sebelumnya kamu sudah punya kata kunci dari yang akan dicari, maka hanya perlu membaca sekilas dan kamu akan tau inti dari bacaan.
5. TIME! Jangan Baca Terlalu Lama
Mungkin ada banyak kata-kata sulit dalam teks reading, namun jangan berpaku pada satu hal yang sulit dan menghambat semua soal. Move on dari kata-kata sulit. Kamu bisa menerka-nerka arti katatersebut dengan melihat konteks kalimat yang ada di kanan kiri kata tersebut. So, jangan membaca terlalu lama atau malah mentranslatenya hehehe.
Demikian Trik Menghadapi Soal Reading UNBK, semoga membantu kamu yang sedang akan menghadapi ujian.
Diadaptasi dari kampunginggris.id diolah dari berbagai sumber.

Post a Comment for "Trik Menjawab Soal Reading UNBK"