Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

zooba.ID - Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade | Mengoreksi ujian kini tidak menguras tenaga dan kantong meski ujian dilaksanakan dengan kertas. Dengan menggunakan lembar jawaban khusus, kita bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk mengoreksi jawaban siswa. Memang 10 tahun yang lalu, harga scanner ujian sangatlah mahal. Namun 3 tahun terakhir inovasi koreksi ujian kini bisa hanya bermodal HP saja. Ya, jadi kita koreksi lembar jawab siswa semudah selfie! Dari sekian banyak aplikasi itu adalah ZipGrade.

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

Kita bisa membuat sendiri lembar jawab ZipGrade, tergantung jumlah soal yang kita gunakan. Ada yang 20 soal, 50 soal dan 100 soal. Kita bisa mencetaknya di kertas sendiri untuk kita bagikan ke siswa. Jadi kita tidak membutuhkan kertas khusus ya. Cara mengoreksinya adalah dengan mengarahkan kamera ke lembar jawab yang kemudian dipindai jawabannya, dibandingkan dengan kunci yang sudah dimasukkan. Di sini, siswa boleh mengisinya dengan pensil atau pulpen atau alat tulis lain. Namun disarankan tingkat kehitaman yang tinggi biar mudah discan.

Cilakanya, jika siswa kita menggunakan pulpen dan ia melakukan kesalahan menghitamkan jawaban, ditambah ia tidak memiliki pengoreksi pulpen (jadi, LJK bisa ditipe-x lho). Pasti ia akan mencoret jawaban yang salah seperti ia mengisi lembar jawab biasa. Kabar buruknya, coretan tadi kadang tidak dianggap sebagai "jawaban yang tidak jadi" oleh aplikasi sehingga masih terscan sebagai jawaban. Sehingga siswa akan memiliki jawaban lebih dari satu. Jika jawaban lebih dari satu, meskipun satu sesuai kunci maka tetap dianggap salah.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan melakukan Edit Jawaban ZipGrade. Berikut caranya:

Langkah 1: Setelah scan jawaban, maka akan muncul kotak summary (ringkasan), klik tombol "Review Paper".

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

Langkah 2: Kemudian halaman review akan terbuka. Di sana anda akan menemukan jawaban yang terekam ganda. Seperti saya contohkan di kotak kuning. Selanjutnya adalah klik titik tiga di kanan atas layar.

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

Langkah 3: Maka akan muncul opsi, kita pilih "Edit Answers" untuk mengedit jawaban siswa di ZipGrade.

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

Langkah 4: Cari nomor yang terbaca ganda, lalu untuk menghilangkan jawaban, silakan klik silang yang ingin dihapus. Lihat contoh. Jika sudah selesai, maka klik tombol kembali sesuai anak panah merah atau pencet tombol back di HP.

Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade

Langkah 5: Jika sudah, anda akan kembali ke layar scan. Lanjutkan scan lembar jawaban yang selanjutnya.

CATATAN: Dengan cara ini, anda bisa juga mengedit jawaban jika bulatan hitam ternyata tidak terbaca ZipGrade. Karena kadang untuk bulatan yang kurang hitam dengan pensil, memang susah terbaca. Solusinya adalah Edit Answers di ZipGrade.

Demikian postingan cara Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade. Semoga postingan Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade ini bermanfaat. Pantau terus artikel menarik dari zooba.ID.

Post a Comment for "Betulkan Scan Jawaban LJK Lebih Dari Satu ZipGrade"