Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Koreksi LJK Otomatis Terbaru Terviral

Cara Menggunakan ZipGrade, Aplikasi Android Koreksi LJK Otomatis

zooba.ID - Cara Menggunakan Zipgrade, Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis | Kemajuan zaman telah mempermudah semua urusan manusia, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Guru sangat terbantu dengan adanya inovasi-inovasi untuk meringankan tugas KBM. Salah satunya adanya aplikasi untuk membantu koreksi ujian di HP! Ya, jadi mulai beberapa tahun belakangan, koreksi bisa dilakukan hanya modal HP Android Saja! Aplikasi Android yang bisa digunakan untuk membantu koreksi LJK sebenarnya banyak, antara lain ZipGrade, Exam Reader - Grade Paper Tests, Grader, Proofesor, OMR Evaluator, GradeCam Go!, Quick Key - Mobile Grading App, dan masih banyak aplikasi sejenis yang bisa anda manfaatkan untuk koreksi lembar jawab siswa. Kali ini zooba.ID akan membahas yang paling dikenal di Indonesia yaitu Cara Menggunakan Zipgrade, Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis.

Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis


Cara Menggunakan Zipgrade, Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis Rata-rata fitur utama pada aplikasi koreksi LJK Otomatis ini adalah kemampuan memindai menggunakan kamera ponsel. Maka kamera yang bening akan sangat dibutuhkan di sini. Juga keadaan saat anda melakukan proses scan (foto), usahakan dalam keadaan yang cukup cahaya.

Apa Keunggulan ZipGrade?
  • LEMBAR JAWAB LJK Desain Lembar jawab gratis tersedia dalam beberapa format dan ukuran (hingga 100 jawaban pertanyaan), terdapat juga fitur membuat lembar jawaban sendiri sesuai keinginan kita, khususnya jika kita menginginkan keterangan kolom tertentu dengan bahasa sendiri.
  • OFFLINE Dalam menggunakan aplikasi ini, ponsel anda tidak harus terkoneksi internet. Jika ada data  yang butuh disinkronkan, anda tinggal cari koneksi internet dan otomatis akan tersinkron dengan server pusat ZipGrade. Contohnya disini saat anda mengupload atau memperbaiki daftar siswa melalui situs zipgrade.com.
  • IDENTITAS TESTEE Aplikasi Zipgrade bisa mendeteksi data siswa seperti nama, aplikasi ini nomor ID siswa atau Nomor Induk Siswa.
  • SIMPEL Tidak perlu menekan tombol apapun dalam proses pemindaian, anda cukup mengarahkan kamera di atas lembar jawab komputer, dengan cepat akan mengoreksi dan menyimpannya.
  • BEBAS Siswa dapat menggunakan bulpoin atau pensil untuk menandai jawaban, tidak wajib di hitamkan penuh, bisa di coret, silang, atau di hitamkan penuh, aplikasi sudah mampu mendeteksi jawaban dengan baik.
  • DUKUNGAN Dengan adanya situs www.zipgrade.com, memungkinkan pengguna mendapatkan fitur tambahan mulai dari cara mudah membuat lembar kejar komputer dan menyimpannya dalam format gambar atau PDF, export dan import data siswa. dll.
  • ANALISIS Zipgrade bisa melakukan analisis berapa siswa yang menjawab benar atau salah. 
  • HASIL BISA DIEKSPOR Ekspor hasil pekerjaan siswa dalam format CSV atau PDF.

Cara Menggunakan Zipgrade, Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis

Cara Menggunakan Zipgrade, Aplikasi Android Scan Koreksi LJK Otomatis ini adalah sebagai berikut: (gambar bersumber dari mrmung.com)
  1. Download dan install aplikasi ZipGrade dari Play Store
  1. Setelah proses instalasi aplikasi selesai, silahkan anda lakukan registrasi dengan memasukan email dan password, kemudian centang pada persetujuan dan klik tombol Register ZipGrade.


    Setelah proses registrasi berhasil, akan tampil seperti pada gambar berikut:


    Pada gambar di atas saya beri tanda panah pada 3 menu, yaitu menu Quizzes, Students, Classes, kita akan fokus di tiga menu ini dulu.

    Download Lembar Jawab Komputer
  1. Sekarang anda login di situs ZipGrade.com menggunakan komputer untuk menentukan dan  mendownload lembar jawab yang akan digunakan, misal untuk soal pilihan ganda 50 soal. Silahkan anda cetak dan anda siapkan untuk proses ujian siswa. Khusus anda yang akan menggunakan LJK bawaan ZipGrade bisa download di bawah postingan ini.


    Menambah Kelas Baru
  1. Untuk menambahkan kelas baru dan daftar siswa, anda bisa menggunakan situs zipgrade.com atau aplikasi zipgrade di ponsel anda, jika jumlah siswanya banyak akan lebih mudah menggunakan fitur import data pada situs zipgrade.com.
    Sebagai contoh untuk menambahkan kelas menggunakan aplikasi zipgrade di ponsel, caranya anda klik tombol Classes, kemudian klik New Class, tuliskan nama kelas dan klik tombol OK.


    Menambah Data Siswa
  1. Berikutnya adalah menambahkan data siswa, yaitu dengan menekan tombol Students, silahkan anda lengkapi datanya dan jangan lupa pilih kelasnya dengan cara centang, kemudian klik tombol OK.


    Membuat Kunci Soal Mata Pelajaran
  1. Di dalam aplikasi ZipGrade, tekan 'New Quiz'


    Kemudian anda tuliskan nama mata pelajaran, pilih lembar jawab yang digunakan, misal disini saya memilih lembar jawab untuk 50 soal, pilih kelas dan klik OK.

  1. Selanjutnya anda tekan 'Edit Key' untuk memasukkan kunci jawaban.


    Anda bisa juga memindai lembar jawaban yang berfungsi sebagai kunci dengan cara tekan tombol Scan For Key.



    Pindai/ Scan Lembar Jawab Komputer
  1. Untuk mulai memindai LJK, silahkan anda tekan 'Scan Paper':
    * Pegang kertas pada permukaan datar dan sejajarkan 4 kotak sudut di 4 viewfinders.
    * ZipGrade secara otomatis akan fokus dan mengidentifikasi kapan kertas dapat dibaca.
    * Aplikasi akan bergetar ketika kertas dinilai dan langsung memberikan ringkasan instan (dengan tautan untuk detail lebih lanjut).
    * Untuk koreksi LJK selanjutnya anda bisa langsung ganti kertas, dan biarkan aplikasi yang akan otomatis mengoreksi tanpa harus menekan tombol apapun.


    Cek secara manual jika diperlukan untuk memastikan NIS dan nama siswa yang muncul sesuai dengan yang sudah dimasukan di aplikasi.

CATATAN: Perlu diketahui bahwa ZipGrade termasuk aplikasi gratis, tetapi terbatas penggunaannya untuk scan 100 lembar perbulan. Scan 101 bisa dilakukan di bulan selanjutnya. Atau anda bisa meningkatkan kemampuan dengan cara mendapatkan scan unlimited ZipGrade melalui pembelian dalam aplikasi (inapp purchase) atau berlangganan layanan selama setahun kurang lebih Rp 100.000,- saja. Murah bukan cara mendapatkan scan unlimited ZipGrade?

Sebenarnya ada cara mendapatkan scan unlimited ZipGrade dengan mengunduh di laman tidak resmi, namun cara ini tidak disarankan karena melanggar hukum, hehe.

Terakhir, jika anda tertarik menggunakan ZipGrade, anda bisa memulai menggunakan LJK ZipGrade secara Gratis. Silakan unduh di bawah ini:

No comments:

Post a comment