Trik Hadapi UKin (Uji Kinerja) PPG Terbaru Terviral

Trik Hadapi UKin (Uji Kinerja) PPG

Tips hadapi UKin UKMPPG PPG

Selamat jumpa kembali dengan zooba.ID. Kali ini akan kita bahas seputar Uji Kinerja (UKin) dalam PPG Dalam Jabatan. Untuk diketahui rangkaian kegiatan PPG Dalam Jabatan dimulai ketika daring, kemudian workshop, lalu PPL serta diakhiri dengan UKMPPG berupa UKin dan UP.

Kali ini, zooba.ID akan mengulas TRIK Menghadapi Uji Kinerja UKin UKMPPG.

Pertama
Pastikan anda mendaftar sebagai pesert UKin. Karena mendaftaran dilakukan manual oleh mahasiswa, maka pastikan anda terdaftar (dibuktikan dengan memiliki nomor daftar UKin). jadi, peserta TIDAK OTOMATIS TERDAFTAR.
Silakan buka http://ukmppg.ristekdikti.go.id/ukin/daftar/daftar/mahasiswa untuk mendaftar, pastikan anda memiliki: 1) Kartu Identitas (KTP/SIM); 2) Pas Foto Terbaru dengan Latar Belakang Merah; 3) Surat keterangan telah menyelesaikan keseluruhan tugas/beban studi pada PPG, yang ditandatangani oleh pimpinan LPTK


Kedua
Sebenarnya, ketika PPL anda sudah mulai dilatih dan dibiasakan untuk dinilai. Hal ini sangat dirasakan manfaatnya saat UKin. Anda tidak lagi merasa tertekan. Bahkan jika dibandingkan dengan penilaian PPL, anda akan lebih degdegan saat PPL. Kuncinya adalah persiapan, maka saat UKin, pastikan anda sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari perangkat pembelajaran, fisik hingga mental.

Ketiga
Siapkan rencana cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Rencana cadangan ini misalnya ketika LCD mati, ketika siswa bereaksi tidak seperti diharapkan, atau kejadian-kejadian tidak terencana lain.
Usahakan kegiatan pembelajaran yang anda lakukan lebih berpusat ke peserta didik. Jika anda prodi Bahasa Inggris, maka students' talking time nya harus banyak.

Keempat
Meskipun kata orang, yang menilai UKin adalah manusia, dan sangat mungkin akan bersifat manusiawi. Tentu ada sudah seharusnya melakukan setiap langkah dan tahapan dengan serius. Karena bisa saja, seorang testee tidak lulus saat UKin.

Kelima
Berdoa. Berdoalah, karena hanya Tuhan yang bisa membantu dan menguatkan anda. Semoga diberikan kelancaran.


Catatan:
Anda tidak usah menyiapkan camilan, kudapan atau minuman untuk penguji. Karena penguji sudah disediakan oleh sekolah. Jika anda memaksakan, maka bisa jadi menjurus ke gratifikasi. Beberapa penguji tidak menyukainya, dan bisa tersinggung.

No comments:

Post a Comment