Perlengkapan Wajib Saat Workshop PPG Terbaru Terviral

Perlengkapan Wajib Saat Workshop PPG

Tips Mengikuti Workshop atau Lokakarya PPG Pendidikan Profesi Guru 

 Selamat jumpa kembali dengan zooba.ID. Kali ini zooba.ID ingin membagi tips bagi para guru yang sudah lolos pembelajaran Daring Hybrid dengan SPADA PPG berkaitan dengan Wokshop/Lokakarya PPG. Wokshop / Lokakarya PPG digunakan untuk memperdalam materi profesional guru. rangkaian workshop berbeda-beda setiap jurusan dan dilakukan selama 3 pekan, namun pada prinsipnya sama, yaitu:
1. Diskusi materi hasil daring
2. Pengembangan perangkat pembelajaran (hasil daring) secara tatap muka
3. Presentasi perangkat pembelajaran
4. Microteaching dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan
5. Penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
6. Presentasi proposal PTK.
Dalam mengikuti Workshop / Lokakarya PPG, anda perlu membawa beberapa perlengkapan wajib berikut:

Pakaian Hitam-Putih
Ya, anda wajib membawa pakaian hitam putih selama workshop berlangsung. Nanti LPTK akan menginformasikan berapa hari dari 6 hari, anda akan memakainya. Bawalah lebih dari 1 pasang pakaian. Umumnya, pakaian hitam putih akan dipakai selama 3 hari (Senin-Rabu) selebihnya baju bebas rapih, misalnya batik.

Laptop/Netbook
Perlengkapan ini digunakan untuk mengerjakan tugas selama workshop. Selain laptop anda bisa menggantinya dengan tablet. Namun, kembali ke kenyamanan anda. Pastikan baterai laptop dalam keadaan sehat, jika tidak, maka pastikan anda membawa rol kabel untuk mendapatkan daya.
Kabel Rol/Terminal Stopkontak
Karena semua teman anda membawa laptop dan terbatasnya sumber colokan listrik, maka membawa kabel rol adalah kemungkinan terbaik. Minimal anda membawa yang berlubang 2 lah. Bisa juga anda membawa cabang (kita sebut T) agar teman lain bisa mendapat manfaat.

Tempat Penyimpanan Elektronik
Misalnya anda membawa flashdrive/flashdisk maupun penyimpanan dengan kapasitas besar seperti hardisk eksternal.

Sambungan Internet
Sambungan internet dibutuhkan untuk mengoneksikan laptop dengan internet agar kita dapat mencari materi-materi dari sana, sehingga tugas kita cepat selesai. Maka dibuthkan HP dengan kartu yang menjanjikan sambungan internet cepat. Selidiki, kartu apa saja yang bisa anda gunakan di sana.

Perlukah Membawa Printer?
Pencetakan dokumen tidak akan sebanyak yang anda bayangkan. Maka pertimbangkan membawa printer anda, karena akan mempengaruhi beratnya barang bawaan. Lagian, di sekitar LPTK pasti sudah ada banyak tempat untuk mencetak dan menggandakan dokumen. Di tambah, kebanyakan tugas itu paperless, jadi hanya dikumpulkan dalam bentuk soft file dan tidak butuh untuk dicetak.

Demikian daftar perlengapan wajib saat mengikuti Wokshop PPG.

No comments:

Post a Comment