Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Lulus Daring PPG Dalam Jabatan

Rahasia Lulus Daring PPG Terbaru

Selamat jumpa kembali dengan zooba.ID. Kali ini zooba.ID akan membahas tentang Rahasia Lulus Daring PPG Dalam Jabatan. Pembelajaran PPG dilaksanakan dengan metode hybrid, yaitu secara daring/online dan secara tatap muka. Rahasia Lulus Daring PPG Terbaru ini berkaitan dengan pembelajaran daring hybrid dengan menggunakan aplikasi PPG Spada Brightspace yang dapat diakses melalui http://ppgspada.brightspace.com.
 
Langkah-langkah dalam mengikuti Daring PPG Spada adalah sebagai berikut:
  1. Pengumuman masuk tahap PPG dilaksanakan di laman sergur.id
  2. Jika anda sudah diplot menjadi mahasiswa, maka klik halaman konfirmasi kesediaan.
  3. Simpan form A1 dan Pakta Integritas yang muncul pada halaman konfirmasi. (digunakan untuk kegiatan lapor diri setelah lulus daring)
  4. Pantau pengumuman di website LPTK yang tertera pada pengumuman.
  5. Biasanya dalam website LPTK ada pengumuman cara mengikuti daring untuk angkatan terkait. Dimulai dengan bergabung grup daring dalam aplikasi Telegaram atau Whatsapp. Biasanya link akan ditampilkan di pengumuman tsb (kita sebut grup daring LPTK)
  6. Setelah anda bergabung dengan grup daring LPTK yang berisi semua program studi PPG di LPTK itu, anda akan diarahkan oleh admin LPTK untuk membuat grup setiap prodi. Silakan salah satu untuk berinisiatif. Grup bisa dibuat di WhatsaApp maupun Telegram.
  7. Setelah grup Prodi terbentuk, anda diminta untuk memasukkan Helpdesk Prodi ke dalam grup itu, jadikan dia sebagai admin grup. Amin LPTK akan memberikan kontak helpdesk prodi tersebut.
  8. Di grup prodi, helpdesk akan memandu dengan: pembagian kelompok/kelas, cara login Spada dan lain sebagainya yang bersifat teknis menyangkut prodi.
  9. Di grup prodi, Helpdesk akan membagikan kredensial untuk login ke sistem Spada (username berupa nomor PPG dan password berupa karakter acak yang bisa diganti kemudian)
  10. Setelah anda berhasil masuk ke Spada, pembelaran daring PPG siap dilaksanakan. Tunggulah helpdesk membuka modul untuk dipelajari.
Rahasia Lulus Daring PPG Terbaru kali ini berkaitan dengan pengerjaan pembelajaran online PPG. Dalam Spada terdapat 3 buah pembahasan, yaitu:
  1. PEDAGOGI (Semua prodi sama, bisa diskusi dengan teman dari prodi lain)
  2. PROFESIONAL (Kejuruan menurut prodinya, diskusi dengan kelas prodi anda)
  3. PERANGKAT PEMBELAJARAN (RPP, Bahan Ajar, Media, LKPD, Evaluasi dengan KD yang nanti akan dibagi)

Setiap pokok pembahasan terdapat beberapa modul. Dalam modul ada kegiatan belajar. Biasanya satu hari = satu kegiatan belajar (KB)/Learning Activity (LA). Maka untuk lulus daring PPG ada 9 langkah. Rahasia Lulus Daring PPG Terbaru adalah sebagai berikut:
  1. Dalam setiap KB/LA terdapat tugas silakan kerjakan tugas itu, maka sistem akan menandai anda sudah mengerjakan dengan memberikan tanda centang. Kumpulkan Centang sebanyak-banyaknya.
  2. Kerjakan Tes Formatif untuk setiap KB/LA dengan teliti. Tes formatif biasanya bisa diulang sampai 3 kali. Gunakan seluruh kesempatan untuk mendapatkan hasil maksimal.
  3. Kerjakan Tes Sumatif dengan baik. Tes ini ada setiap modul. Hanya bisa dikerjakan 1 kali coba. Anda perlu berdiskusi dengan teman satu kelas/satu kelompok untuk menjawabnya bersama-sama agar nilainya maksimal.
  4. Setiap hari minimal anda membuka Spada 1 kali, meskipun hanya dibiarkan terbuka tanda anda tonton. Sistem akan mencatat keaktifan login dan retensi membuka aplikasi.
  5. Jangan sampai melewati deadline. Biasanya helpdesk akan membagikan jadwal daring. Ingat, ada sistem yang deadlinenya tidak dicabut. Jika anda lewat tanggal itu, maka tidak bisa dikerjakan. Jika LPTK mencabut deadline dalam aplikasi Spada, maka pentingnya deadline adalah memastikan pekerjaan anda tidak menumpuk karena tiada hari tanpa tugas.
  6. Pastikan anda mengerjakan di tempat tenang yang memungkinkan anda berkonsentrasi.
  7. Komunikasilah dengan kelas/kelompok anda manakala ada tugas baru.
  8. Jalin komunikasi dengan helpdesk, terutama untuk menanyakan tugas yang belum anda pahami.
  9. Belajarlah dari orang yang sudah PPG, atau melalui situs internet. Tapi pastikan situs internet itu terpercaya. seperti zooba.ID ini. Silakan cari artikel yang berkaitan dengan PPG di sini.
Demikianlah 9 Rahasia Lulus Daring PPG Terbaru. Selamat melakukan Daring PPG Dalam Jabatan. Semoga anda lulus. Untuk cek kelulusan dan cara cetak bukti lapor diri bisa dibaca dalam artikel lain di zooba.ID. salam...

Post a Comment for "Rahasia Lulus Daring PPG Dalam Jabatan"