Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Akreditasi 2018

Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 - Mulai tahun 2018 ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) akan menggunakan instrumen dan perangkat akreditasi yang berbeda dari tahun sebelumnya, sehingga berbagai media pada dasarnya telah membagikan materi tersebut. Namun bagi jenjang SD/MI telah diterbitkan sebuah Permendikbud Nomor: 002/H/AK/2017, SMP/MTS Permendikbud Nomor: 003/H/AK/2017, dan jenjang SMA/MA menerapkan Permendikbud Nomor: 004/H/AK/2017, tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah dan Madrasah untuk Tahun pelajaran 2017-2018, hal ini lagi-lagi dibilang baru padahal produk lama.

Kegiatan akreditasi Sekolah/Madrasah, menurut Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 adalah kegiatan penilaian guna penjaminan mutu pendidikan terhadap kelayakan program dan satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Sedangkan pelaksanaannya dibawah kewenangan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah. Untuk itulah kemudian disusun Kriteria dan Perangkat Akreditasi.
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 Terbaru Super Lengkap
Hal ini juga tertuang pada “KATA PENGANTAR” dengan uraian sebagai berikut:

KATA PENGANTAR

Sesuai dengan moto profesional, tepercaya, dan terbuka serta tagline “akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu”, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan, sistem, dan akreditasi sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan. BAN-S/M senantiasa melakukan evaluasi dan inovasi untuk memenuhi empat gatra akreditasi yang bermutu yaitu perangkat, asesor, manajemen, dan hasil-hasil yang bermutu. Sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan, BAN-S/M berusaha menjadikan dirinya sebagai lembaga pelayanan publik yang menyediakan informasi dan data akreditasi yang tersedia lengkap (available), mudah diperoleh (accessible), dan bermanfaat (beneficial).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 002/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI, Nomor 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/MTs, Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA dan Nomor 005/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMK mulai tahun 2017 BAN-S/M akan memberlakukan Perangkat Akreditasi 2017 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Perangkat Akreditasi 2017 merupakan perubahan atas Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendiknas nomor 11/2009), SMP/MTs (Permendiknas Nomor 12/2009), SMA/MA (Permendiknas Nomor 52/2008), dan SMK (Permendiknas Nomor 13/2009). Perubahan tersebut diberlakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, adanya Standar Nasional Pendidikan yang baru, terutama terkait dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 dan penguatan pendidikan karakter. Kedua, kesalahan dan ketidaksesuaian Perangkat dengan keadaan dan praktik penyelenggaraan pendidikan. Ketiga, memperkuat Perangkat dan Sistem Akreditasi sebagai alat utama untuk penilaian mutu, pemetaan, dan penyusunan kebijakan pendidikan oleh masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.

Perangkat Akreditasi 2017 merupakan satu kesatuan yang terdiri atas instrumen, petunjuk teknis, data pendukung, dan sistem penskoran. Proses penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017 membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun melalui tahapan kajian/penyusunan naskah akademik, uji coba di provinsi, expert judgement, validasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), penyelerasan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan diskusi dengan Balitbang Kemendikbud serta pihak-pihak terkait lainnya. Perangkat Akreditasi 2017 berbeda dengan Perangkat Akreditasi sebelumnya. Pertama, dari sisi rujukan. Perangkat Akreditasi 2017 mengacu kepada Undangundang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah yang terkait dengan pendidikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP), Peraturan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta peraturan kependidikan lain yang terkait. Kedua, dari sisi jumlah butir dan metode penyajian. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki jumlah butir pernyataan yang lebih relevan dan koheren. Masingmasing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas sehingga memudahkan sekolah/madrasah, asesor dan pengguna. Selain itu dapat dikurangi semaksimal mungkin perbedaan pemahaman dan penilaian antara sekolah/madrasah dengan asesor untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. Ketiga, pemeringkatan dan hasil akreditasi. Perangkat Akreditasi 2017 memiliki skor pemeringkatan yang lebih tinggi, dan hasil Akreditasi yang meliputi nilai, peringkat, dan predikat. Pada Perangkat Akreditasi sebelumnya hasil akreditasi hanya menyebutkan nilai dan peringkat. Keempat, teknik pengolahan data dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SisPenA SM) berbasis web responsive yang dapat juga diakses dari berbagai perangkat mobile (smartphone, tab, dll.) untuk mempercepat dan mempermudah penyajian hasil Akreditasi.

Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota BAN-S/M, tim ahli, secretariat, dan semua pihak yang telah bekerja keras dan membantu penyusunan dan pengembangan Perangkat Akreditasi 2017. Kami mengharapkan saran, kritik, dan masukan yang konstruktif untuk menyempurnakan Perangkat Akreditasi 2017 ini sehingga lebih bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sumberdaya manusia menuju Indonesia yang Berkemajuan.

Sedangkan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi tahun 2018 terurai sebagai berikut:

1. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 10
10
14
2.
Standar Proses
11 – 31
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
32 – 38
7
14
4.
Standar Pendidik dan Tendik
39 – 54
16
16
5.
Standar Sarana dan Prasarana
55 – 75
21
12
6.
Standar Pengelolaan
76 – 90
15
10
7.
Standar Pembiayaan
91 – 106
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
107 – 119
13
10
Jumlah
119
100

2. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMP/MTs
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
14
2.
Standar Proses
10 – 30
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
14
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 56
19
15
5.
Standar Sarana dan Prasarana
57 – 80
24
13
6.
Standar Pengelolaan
81 – 95
15
10
7.
Standar Pembiayaan
96 – 111
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
112 – 124
13
10
Jumlah
124
100

3. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMA/MA
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
12
2.
Standar Proses
10 – 30
21
14
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
15
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 56
19
15
5.
Standar Sarana dan Prasarana
57 – 84
28
14
6.
Standar Pengelolaan
85 – 100
16
10
7.
Standar Pembiayaan
101 – 116
16
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
117 – 129
13
10
Jumlah
129
100

4. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMK
No
Komponen Akreditasi
Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
Standar Isi
1 – 9
9
11
2.
Standar Proses
10 – 30
21
12
3.
Standar Kompetensi Lulusan
31 – 37
7
15
4.
Standar Pendidik dan Tendik
38 – 59
22
16
5.
Standar Sarana dan Prasarana
60 – 87
28
17
6.
Standar Pengelolaan
88 – 102
15
10
7.
Standar Pembiayaan
103 – 120
18
10
8.
Standar Penilaian Pendidikan
121 – 133
13
10
Jumlah
129
100

Untuk file selengkapnya dapat didownload di bawah ini:


Download berbagai kelengkapan dalam kegiatan akreditasi tahun 2018 dan file  Perangkat Akreditasi Terlengkap dan Terbaru  ini merupakan semua dokumen yang diperlukan pada saat akreditasi sekolah/Madrasah.

Demikianlah materi yang dapat kami bagikan tentang Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018 dengan harapan dapat dipergunakan dalam pelaksanaan akreditasi di masing-masing jenjang sekolah.

Sumber: http://fileledukasi.blogspot.com/2018/03/perangkat-akreditasi-sdmi-smpmts-smama.html

Post a Comment for "Perangkat Akreditasi 2018"