Aplikasi Analisis Esai 10 Nomor + Konversi dengan Kriteria Terbaru Terviral

Aplikasi Analisis Esai 10 Nomor + Konversi dengan Kriteria

Salam jumpa dengan #TugasEnteng bersama Ubet Zubaidi. Di tempat saya sedang musim ujian. Di tempatmu bagaimana? Dengan bantuan teknologi, pengolahan nilai ujian semakin mudah. Guru hanya perlu memasukkan skor yang diperoleh per jawaban soal kemudian hasilnya langsung keluar. Otomasi yang seperti ini memang bukan barang baru. Namun, bagaimana menerapkannya mungkin akan jadi sesuatu yang baru, terutama jika model yang kita inginkan berbeda dengan yang beredar di pasaran (downloadan maksudnya).

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan spreadsheet misalnya Excel untuk membantu melakukan tugas ini. Aplikasi Analisis Hasil Ujian Uraian 10 nomor bertebaran di dunia maya dan bisa anda download di manapun. Bahkan ada yang bisa langsung mengkonversi nilai peserta didik menjadi "lebih wajar" untuk ditempatkan di rapor.

Berawal dari keresahan teman ngajar saya, bahwa dengan rumus konversi yang ada, anak yang mendapat nilai 100 malahan jadi 90 setelah di konversi! Hal ini sepertinya tidak memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia (Serius banget). Maka saya tergelitik untuk mencoba mengaplikasikan model konversi dengan kriteria. Apa itu rumus konversi dengan kriteria?

Konversi dengan kriteria tertentu, misal kita punya nilai 50, 60, 100 akan kita konversi. Saya ingin nilai 100 tetap jadi seratus, sehingga saya hanya mengonversi dua nilai 50 dan 60. Cukup rumit jika dilakukan dengan manual, maka saya akan mengaplikasikannya pada Aplikasi Analisis Uraian di Excel. Sebelumnya download dulu aplikasi yang sudah saya bikin.


Setelah didownload, silakan buka aplikasinya. Akan saya pandu bagaimana mengoperasikannya.

1. Setting Kriteria konversi dengan mengatur LIMIT dan MINIMAL NILAI KONVERSI
Apliaksi Konversi Nilai dengan Kriteria

Silakan ganti cell berwarna kuning di bagian atas tersebut. Limit nilai maksudnya adalah nilai maksimum yang akan diremidi. Misal saya masukkan 80, maka yang akan dikonversi adalah nilai 0 sampai 80, sedangkan nilai 81 sampai 100 tidak akan dikonversi.

Nilai minimum konversi adalah nilai minimum hasil konversi yang diinginkan. Sedangkan nilai maksimum konversi adalah nilai tertinggi yang diinginkan. Ini akan otomatis sama dengan nilai limit, karena saya tidak ingin nilai hasil konversi menyamai/melebihi nilai asli siswa yang dapat 81-100.

Keterangan T/TT kita isi dengan "Tuntas" apabila tuntas, "Tidak Tuntas" untuk yang tidak tuntas. Bisa diganti dengan "Pengayaan" dan "Remidi". Monggo sesuai selera.

2. Langkah kedua, silakan ubah identitas yang ada di dalam kotak. Dari nama sekolah sampai dengan nama guru sesuai kondisi anda.

3. Tentukan berapa jumlah soal. Kalau di sini saya menggunakan 10. Untuk 5 soal juga bisa.

4. Silakan masukkan skor per jawaban yang diperoleh siswa. Maka akan otomatis terhitung sesuai dengan kriteria yang kita gunakan.
Apliaksi Konversi Nilai dengan Kriteria

Dari gambar di atas, kita dapatkan skor Asli 70, 68, 48, 90 dan 7. Sehingga untuk konversi menjadi 80, 80, 77, 90, 70. Nilai 90 tidak kita konversi karena batas konversi adalah 80. Sehingga 90 akan keluar 90. Begitu pula jika nilai 100 ya akan tetap menjadi 100.

Gitu aja sih caranya. Mudah sekali.
Kalau anda ingin copy-paste dari sheet yang sudah ada, bisa aja.

Blok dari Nomor Induk sampai skor nomor 10. Kemudian Paste ke sheet yang sudah anda download dengan cara paste VALUES (ANGKA 123). Klik Kanan, Pilih paste option yang tombol 123.



Perhatian: File Excel saya protek untuk menghindari terhapusnya formula karena pemakaian. Passwordnya adalah "nusantara"

No comments:

Post a Comment