Cara Buat Audio Listening Ujian Seperti Native Speaker Terbaru Terviral

Cara Buat Audio Listening Ujian Seperti Native Speaker


Membuat Audio Listening Ujian seperti Native Speaker
Sebagai guru bahasa Inggris, kadang kita ingin membuat perangkat pembelajaran auditory berupa listening. Mirip listening ujian nasional.

Sayangnya, tidak semua guru Bahasa Inggris mampu untuk membuat audio listening yang mirip dengan penutur asli atau native speaker.

Di internet bertebaran tutorial cara-cara pembuatan audio MP3 ujian Bahasa Inggris, namun zooba.ID berusaha untuk merangkum agar lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh Guru Bahasa Inggris. Sehingga mereka dapat membuat audio MP3 listening ujian dengan suara native speaker.


CARA 1 PEMBUATAN AUDIO LISTENING UJIAN SEPERTI NATIVE SPEAKER: REKAM LANGSUNG

Cara ini terbilang ribet, yang anda butuhkan adalah memiliki teman native spekaer yang bersedia direkam suaranya. Minimal seorang laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini agaknya susah. Alternatifnya adalah apabila anda memiliki teman atau bahkan anda sendiri memiliki logat bicara mendekati native, suara anda layak untuk direkam!
Yang dibutuhkan untuk hal ini adalah alat perekam (misalnya HP) dan software editor audio listening, contohnya adalah CoolEdit Pro MP3.

Keunggulan cara ini: Soal fleksibel, anda bebas membuat pertanyaan dan jawaban sesuai keingingan. Bebas memilih suara siapa yang akan memerankan.
Kekurangan cara ini adalah jika aksen/logat anda tidak seperti native, malah terkesan medhok.
Overall, silakan bereksperimen.

CARA 2 PEMBUATAN AUDIO LISTENING UJIAN SEPERTI NATIVE SPEAKER: EDIT DARI AUDIO/VIDEO YANG SUDAH ADA

Cara kedua, anda tidak butuh untuk merekam. Tetapi anda harus memiliki kemampuan untuk mengedit audio. Karena cara membuat audio listening yang kedua adalah dari file audio/video yang sudah ada. Misalnya dari ujian nasional tahun-tahun sebelumnya.

  1. Persiapkan audio/video yang akan diproses. Kalau bentuknya video, silakan ubah dulu ke audio. Bisa menggunakan software Format Factory unduh di http://www.pcfreetime.com/
  2. Edit audio yang sudah ada dengan software editor MP3. banyak software yang ada di internet, silakan anda gunakan yang anda kuasai. Kalau saya biasanya menggunakan Cool Edit Pro. (Cari link downloadnya sendiri ya..)
  3. Setelah audio diedit (dipotong, gabung dsb), simpan dengan nama lain (Save As).
  4. Taraaaa.... audio listening anda sudah siap! 
Keunggulan cara ini: Suara audio listening yang dihasilkan sudah seperti native speaker.
Kelemahan cara ini adalah anda tidak bisa secara bebas menentukan pertanyaan dan jawaban sehingga selalu terpancang ke soal sebelumnya. Ditambah jika anda tidak punya basik teknis penggunaan aplikasi, anda akan kesulitan memotong-motong audio. Maka, perbanyaklah berlatih.
Selamat bereksperimen.

CARA 3 PEMBUATAN AUDIO LISTENING UJIAN SEPERTI NATIVE SPEAKER: MENGGUNAKAN SOFTWARE TEXT TO SPEECH (TTS)

Cara selanjutnya adalah menggunakan software TTS (Text-to-speech). Dengan perangkat lunak ini anda akan bisa mengubah teks menjadi audio. Ada banyak Aplikasi TTS untuk membuat Audio Listening di internet. Ada beberapa yang bahkan bisa langsung bisa disimpan dalam bentuk MP3.  Anda bisa Googling. Salah satunya adalah software dari www.robiteacher.net.
Tapi, sayangnya ketika saya akan menginstall aplikasi ini, malah error. Alhasil aplikasi ini tidak bisa saya gunakan. (Kemungkinan hasil yang berbeda sangat besar)

Keunggulan cara ini: Soal fleksibel, anda bebas membuat pertanyaan dan jawaban sesuai keingingan. Bebas memilih suara siapa yang akan memerankan.
Kelemahan cara ini: Instalasi yang salah bisa menyebabkan aplikasi tidak bekerja. Ditambah banyak TTS yang cara membacanya seperti robot. Untuk suara yang natural (natural voice native spekaer) pada kebanyakan TTS hanya disertakan pada versi Pro. Kalau versi gratisan ya kayak robot. Hehe..
Selamat bereksperimen.

CARA 4 PEMBUATAN AUDIO LISTENING UJIAN SEPERTI NATIVE SPEAKER: MENGGUNAKAN WEB APPLICATION

Cara selanjutnya adalah menggunakan web Application. Artinya aplikasinya dari website. Kita tidak butuh menginstall software di komputer kita, yang kita butuhkan adalah web text reader dan software perekam. Ingat, di sini anda butuh internet.

Langkah-langkah membuat audio listening online adalah:

  1. Siapkan teks yang akan kita ubah ke audio listening ujian.
  2. Buka web text-to-speech, contohnya saya biasa menggunakan https://www.naturalreaders.com/online/
  3. Di web ini kita bisa memilih berbagai tipe suara dan aksen (inggris atau amerika) serta kecepatan berbicara (minus 4 sampai plus 4, dengan default 0). Tentu untuk latihan kita bisa set yang lumayan pelan, misal -2 lah.
  4. Dibagian teks area isian, silakan paste teks yang akan diubah ke audio.
  5. Selanjutnya klik tombol play (segitiga) dan suara akan terdengar. 
  6. Pada web TTS ini, kita tidak bisa langsung menyimpan audio MP3, kita butuh merekamnya dengan software. Kalau web browser anda menggunakan Chrome, anda bisa menginstall ekstensi Chrome Audio Capture di Link SINI. Atau kalau anda mau menggunakan software audio recorder di komputer dengan install Streaming Audio Record di Link SINI.
  7. Setelah itu MP3 Audio Listening Native Speaker anda sudah jadi.
  8. Jangan lupa, untuk penyesuaian edit di Cool Edit Pro apabila anda ingin memotong, mengatur durasi dsb.

Keunggulan cara ini: Anda tidak butuh instalasi, bisa dilakukan di komputer manapun sepanjang terkoneksi ineternet.
Kelemahan cara ini: Bagi yang punya akses internet yang lambat, kemungkinan masalah selalu ada.

Terlepas dari keempat cara Membuat Audio Listening Ujian Seperti Native Speaker, tergantung kepada anda sendiri lebih condong ke arah yang mana. Selamat bereksperimen.

No comments:

Post a Comment