Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Android Version di SDK Android

Perkembangan Android sangat cepat, sehingga sistem Android mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu. Agar dapat membuat aplikasi Android yang dapat bekerja di perangkat terbaru, maka kita butuh memasang update Android Version di SDK kita. Berikul langkah update Android version di SDK Android.
Buka eclipse lalu klik menu Windows -> Android SDK ManagerAkan tampil jendela seperti dibawah ini, centanglah Platform yang ingin anda install, saya sarankan install versi Android Terbaru.
sdk
Instalasi ini bisa berlangsung bebrapa menit tergantung besar file dan koneksi internet. 

Masing masing android API ini mempunyai 5 komponen yaitu: Extras adalah Komponen android SDK yang bersifat Opsional. Anda menginstall komponen di extra jika dirasa perlu saja. Contohnya misalkan anda ingin membuat aplikasi yang terintegrasi AdMob(iklan di mobile), anda cukup install Google AdMob Ad SDK. Berikut ini penjelasan bagian extra secara lebih mendetail:


Penjelasan Komponen Android SDK

Android ToolsAndroid API
  • SDK platfrom, tool spesifik untuk  mengkompilasi dan membuat apk
  • Sample SDK, berisi contoh contoh kode aplikasi android yang bisa kita pelajari. biasanya contoh  disiini menjelaskan cara memakai fitur spesifik di API Level tersebut.
  • ARM System image dan Intel System Image Singkatnya ini adalah Emulator.
  • Google API berisi fungsi fungsi tambahan yang dipakai jika aplikasi android anda mengakses Layanan Google. Misalkan anda ingin membuat aplikasi yang terintegrasi Google maps, maka Google API wajb anda install.
  • Source code , Berisi source code android. Diperuntukan hanya untuk yang suka ngoprek dan mendalami bagaimana code android dibuat. Source code ini tidak kita pakai saat kita membuat program android. Namun bagi orang yang suka ngoprek atau mau membuat room sendiri, anda bisa melihat source codenya disini. Pihak yang paling mendapat untung dari Source code Android ini adalah pihak manufaktur seperti Samsung dan HTC karena mereka bisa mengcustom android sampai ke akar akarnya.
Extras
  • Google Play Service, di install jika anda ingin membuat aplikasi berbayar, membuat aplikasi berbasis Layanan Google seperti Google maps atau menerapkan inApp Billing.
  • Google AdMobs SDK membuat aplikasi yang bisa menampilkan iklan, mirip adsense.
  • Google Analytics App Tracking, mengintergrasikan google analitics kedalam android, Jika anda ingin membuat aplikasi dan melacak ‘halaman’ apa yang paling sering di buka oleh user, anda bisa melakukannya dnegan Google analytics App Tracking.
  • Android Suport library, dipakai untuk membuat aplikasi yang terlihat modern untuk user yang masih memakai Froyo atau GIngerbread.
  • Lain lain Yang tidak saya sebutkan, tidak terlalu penting, saya sendiri kurang tau apa manfaatnya.
  • Ingin lebih cepat lagi, Cukup insall SDK Platform, ARM System Image dan Google API di masing masing API level yang ingin anda install.

Langkah selanjutnya cukup klik install dan Accept semua lisensinya. Anda tunggu saja sampai instalasi selesai. Karena Instalasi bisa memakan waktu lama, cukup minimize saja jendela Android SDK managernya dan anda bisa meneruskan coding atau mengerjakan hal lain.
Secara umum, komponan dari Android SDK ada 3 yaitu Tools, Android API dan Extras.
Bagian pertama dari Android SDK adalah Android Tool, bagian ini berisi tool tool yang digunakan untuk kompilasi, debuging dan mengkonversi file class menjadi dex serta mengkonversi dex menjadi APK. Intinya, Tools adalah komponen paling penting di SDK yang melakukan semua proses dibelakang layar saat anda meRUN aplikasi di emulator ataupun membuat APK.
Android API adalah library, file, dokumentasi dan termasuk didalamnya emulator yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi yang spesifik untuk versi android tertentu. Agar anda tidak bingung, Google menggunakan API Level untuk mengetahui versi android paling rendah yang bisa mengnstall aplikasi yang kita buat.
Sekian, artikel selanjutnya akan membahas struktur direktori Android SDK.

Post a Comment for "Update Android Version di SDK Android"